21. Partai Republikan

Sejarah

Partai Republika Nusantara, yang disebut/dipopulerkan dengan “RepublikaN, berdiri di Cikopo Jawa Barat, 20 Mei 2007.

Partai Republika Nusantara tumbuh dari bawah sebagai perwujudan kehendak “1945 pendiri” dari 33 propinsi. Berasal dari kalangan berbagai suku, etnik, agama, golongan dan berbagai profesi. Demi mewujudkan sebuah Partai berwawasan Modern yang berorientasi pada sistem manajemen mutu kepartaian yang kuat. Sehingga mampu membentuk dan melahirkan insan-insan politisi yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berpihak kepada rakyat dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sesungguhnya tekat bulat perjuangan Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah mewujudkan bangsa Indonesia menjadi masyarakat adil dan makmur. Dengan cara meletakkan kedaulatan di tangan rakyat, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mampu memelihara kemer dekaan, ketertiban serta perdamaian dunia.

Bahwa cita cita luhur tersebut belum sepenuhnya dicapai dan dirasakan sebagai aki bat proses dinamika sejarah yang panjang pada pasca kemerdekaan. Kemudian disebab kan oleh tata kelola pemerintahan dan kenegaraan, maupun sistem kepartaian politik yang kurang berpihak kepada rakyat. Sementara partisipasi aktif masyarakat dalam menggunakan hak politik belum diberdayakan secara

optimal. Selain itu potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang kita miliki tidak secara sungguh sungguh dilindungi dan dikelola untuk kemakmuran dan kesejahteraan, serta kepentingan hajat hidup rakyat Indonesia. Sejalan menuju era globalisasi maka pembangunan bangsa Indonesia ke depan perlu pendekeaan keseimbangan antara: lahiriah dan batiniyah, iptek dan spritual, kepentingan individu dan masyarakat, serta politik kekuasaan dan etika moral. Beranjak dari persoalan bangsa, dengan dilandasi oleh persamaan pikiran dan pandangan dari segenap insan yang berwawasan kebangsaan, kerakyatan dan religius, bertekad membentuk organisasi politik bernama: Partai Republika Nusantara, yang disingkat dan selanjutnya dipopulerkan dengan sebutan: “RepublikaN”. Partai RepublikaN lahir bukan didirikan oleh sekelompok elit politik. Melainkan tumbuh dari bawah sebagai perwujudan kesadaran sesama anak bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai suku, etnik, agama, golongan dan profesi. Demi mewujudkan sebuah Partai berwawasan Modern yang berorientasi pada terciptanya sistem manajemen mutu kepartaian yang kuat, sehingga mampu membentuk sistem manajemen mutu kepartaian yang kuat, sehingga mampu membentuk sistim kenegaraan yang demokratis dan mampu melahirkan insan politisi yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berpihak kepada rakyat dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan memohon lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Partai RepulikaN akan senantiasa handal memperjuangkan aspirasi rakyat. Dapat mengoptimalkan peran partai sesuai de ngan ketentuan perundang undangan. Untuk itu dibuat sistem jaringan kesekretarisan secara profesional meliputi : Organisasi dan Manajemen, Diklat dan Kaderisasi, IT dan Keanggotaan, Program dan Pemasaran, Humas dan Komunikasi, serta Penelitian & Pengembangan.

Platform

Platform Partai RepublikaN akan senantiasa memperjuangkan secara konsisten pemba ngunan kesejahteraan terutama dalam empat pilar: Pendidikan, Kesehatan, dan Transportasi serta Ekonomi Kerakyatan, dengan tidak meninggalkan sektor sektor lainnya.

Lambang

1. Partai Republika Nusantara memiliki lambang yang berupa gambar Burung Garuda Terbang berwarna Kuning Emas, membelah warna hijau dan hitam, membentuk keseimbangan, dengan lingkaran Emas.
2. Burung Garuda Emas Terbang terpancar dari simbul Lambang Negara sebagai makna memperkuat falsafah Pancasila sebagai Dasar Negara, yang mengartikan:
- “Terbang” sebagai simbul bergerak cepat dan dinamis mengejar sejatinya cita-cita luhur
bangsa.
- Sayap Burung Garuda mengepak semangat etos kerja bangsa, dan mengajak peran-partisipasi publik dalam pembangunan. Bersikap tangguh dan kuat dalam pendirian, lepas bergerak dengan kebebasan yang bertanggung jawab, dan berani karena benar. Melindungi potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang kita miliki secara sungguh-sungguh untuk kemakmuran dan kesejahteraan, serta kepentingan hajat hidup rakyat Indonesia.
- Warna Emas melambangkan kemuliaan dalam mengejar cita-cita bangsa demi mewujutkan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Murni dalam membela kepentingan rakyat, berdiri di atas keragaman suku bangsa, profesi, jenis kelamin, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3. Dua bagian dari lingkaran yang dipisah Burung Garuda Terbang mengartikan KESIMBANGAN antara : lahiriah dan batiniyah, iptek dan spiritual, kepentingan individu dan masyarakat, serta politik kekuasaan dan etika moral.

4. Warna HIJAU mencerminkan kehidupan dialam semesta yang selalu berkembang tanpa batas dan sebagai simbol masyarakat yang Religius.
5. Warna HITAM mencerminkan semangat dan kekuatan kebangsaan yang rela berkorban untuk keutuhan Negara.

Bendera

Partai Republika Nusantara mempunyai Bendera empat persegi panjang, warna dasar putih dengan lambang ditengah dan bertuliskan Partai Republika Nusantara

Sumber:republikan.or.id


0 Comments:

 

Seputar Partai © 2008. Blogger Template by Blogger Tutorial